Example 1280x250
HEADLINEHukumKriminal

Hasil Visum Bocah yang Dibunuh di Palu, Tidak Ada Tanda Kekerasan Seksual

×

Hasil Visum Bocah yang Dibunuh di Palu, Tidak Ada Tanda Kekerasan Seksual

Sebarkan artikel ini
Polresta Palu, Sulawesi Tengah terus melakukan penyelidikan kasus pembunuhan bocah 8 tahun di Palu Barat. (Foto: Angel Lina)

Palu, Redaksi Rakyat Hasil visum bocah 8 tahun, yang menjadi korban pembunuhan di Palu Barat, Sulawesi Tengah, tak menunjukan adanya tindakan kekeresan seksual.

“Berdasarkan hasil visum sesuai dengan pemeriksaan penyidik dari tubuh korban, memang tidak ada tanda-tanda kekerasan seksual. Artinya perlu ditegaskan tidak ada dugaan asusila atau apapun itu,” ungkap Kasat Reskrim Polresta Palu, AKP Ferdinand E Numbery, saat konferensi pers di Mapolresta, di Palu, Kamis, 2 November 2023.

Saat dokter RS Bhayangkara melakukan pemeriksaan, ditemukan cairan di sekitaran alat vital korban, karena dampak dari cekikan yang dilakukan pelaku.

“Ada upaya dari korban untuk memberontak atau melawan, dari situlah biasanya megeluarkan kotoran atau cairan,” ucapnya.

Penyebab pelaku melakukan tindakan tersebut, karena merasa tersinggung dengan ucapan korban saat jatuh berboncengan naik sepeda.

“Disitulah emosi pelaku M meledak, hingga berpikiran menghabisakan nyawa korban,” imbuhnya.

Berdasarkan pengakuan orang tuanya ke penyidik, pelaku memang mudah tersulut emosi hingga memukul tembok.

Dari pengakuan pelaku, ditemukan hal-hal yang di luar dugaan, dan tak seperti pemeriksaan pada umumnya.

“Tapi, belum boleh ambil stigma yang aneh-aneh dulu, nanti kami akan melakukan koordinasi dengan psikolog untuk memastikan,” ujarnya.

Ferdinand pun menegaskan, penanganan kasus pembunuhan bocah 8 tahun ini, dilakukan secara profesional, dan pelaku sudah dalam penahanan.

“Perlu kita pahami, korban maupun pelaku masih di bawah umur. Jadi ditetapkan undang-undang sistem peradilan anak.  Atas perbuatannya, pelaku disangkakan pasal 80 ayat (3) juncto pasal 76 undang -undang nomor 35 tahun 2014,” pungkasnya.

%d blogger menyukai ini: