Example 1280x250
DaerahHEADLINEParlemen

Berikut Dinamika Rapat DPRD Usulan 3 Nama Calon Pj Bupati Parimo

×

Berikut Dinamika Rapat DPRD Usulan 3 Nama Calon Pj Bupati Parimo

Sebarkan artikel ini
Foto: Istimewa

Parigi Moutong, Redaksi Rakyat DPRD Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah telah menggelar rapat pimpinan membahas usulan nama calon Pj Bupati.

Rapat tersebut, digelar menindaklanjuti surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 21 Agustus 2023, yang memberikan batas waktu pengusulan selambat-lambatnya 8 September 2024.  

“Rapat pimpinan tadi telah digelar, dan dipimpin langsung Ketua DPRD, Sayutin Budianto serta dihadiri masin-masing perwakilan fraksi,” kata Wakil Ketua II DPRD Parimo, Alfres Tonggiroh, dihubungi di Parigi, Jum’at, 1 September 2023.

Menurutnya, dalam rapat pengusulan tiga nama calon Pj Bupati Parimo, terjadi dinamika karena adanya nama baru yang diusulkan sejumlah fraksi.

Dalam rapat, Fraksi PDI-P mengusulkan Sekretaris Daerah (Sekda) Parimo, Zulfinasran, dan Fraksi NasDem mengusulkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Tengah, Nelson Metubun.

Sedangkan Fraksi Gerindra mengusulkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tengah, Richard Arnaldo Djanggola.

Kemudian, dua nama baru yang ikut diusulkan Fraksi gabungan Torarangan dan Fraksi Hanura, yakni Kepala Biro Hukum dan SDM pada Badan Pangan Nasional, Dr Anas, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Tengah, Sisliandy Ponulele.

“Fraksi Bintang Indonesia, juga mengusulkan Zulfinasran. Artinya, ada lima yang diusulkan,” kata dia.

Sesuai dengan regulasi jumlah nama diusulkan DPRD hanya tiga nama saja. Olehnya, Alfres memberikan pertimbangan untuk mengusulkan tiga nama calon Pj Bupati yang telah mencuat di tengah-tengah masyarakat, yakni Zulfinasran, Nelson Metubun dan Richard Arnaldo Djanggola.

“DPRD harus mempertimbangkan itu, karena harus menangkap aspirasi masyarakat,” kata dia.

Adanya dinamika tersebut, kata dia, akhirnya rapat ditunda agar masing-masing fraksi melakukan komunikasi kembali diinternalnya.

Usai dalam pembahasan lanjutan, akhirnya fraksi Toraranga dan fraksi Hanura, yakni Zulfinasran. Sementara, Fraksi gabungan PKB menyetujui tiga nama yang diusulkan Pimpinan DPRD.

Sehingga, rapat bersepakat untuk tetap mengusulkan tiga nama calon Pj Bupati, yakni Zulfinasran, Nelson Metubun dan Richard Arnaldo Djanggola.

Rencananya, DPRD akan menggelar rapat paripurna pengumuman tiga nama calon Pj Bupati pada Selasa, 4 September 2023.

“Kemudian, dilanjutkan pengusulan langsung ke Kemendagri. Sebab, pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah hanya mengumumkan pemberhentian akhir masa jabatan Bupati,” pungkasnya.