Example 1280x250
Daerah

Pesan Sekda Parimo di Workshop SIPD soal Keuangan Daerah

×

Pesan Sekda Parimo di Workshop SIPD soal Keuangan Daerah

Sebarkan artikel ini
Pesan Sekda Parimo di Workshop SIPD soal Keuangan Daerah
Sekda Zulfinasran saat memberikan sambutan sesaat sebelum membuka kegiatan worshop SIPD yang dilaksanakan BPKAD Parimo di auditorium Kantor Bupati setempat, Selasa, 7 Februari 2023. (Foto: Prokopim Pemda Parimo)

Sumber : Prokopim Pemda Parimo

PARIMO, Redaksi RakyatSaat membuka secara lansgung workshop Aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Zulfinasran, S.STP, M.Ap., menyampaikan agar memperhatikan tujuan utama dari pengelolaan keuangan daerah.

Menurutnya, operator SIPD merupakan tenaga ahli serta menjadi leading sektor keuangan.

“Jadi harus betul-betul memperhatikan tujuan utama dari pengelolaan keuangan daerah,” tegas Zulfinasran dalam sambutannya dalam kegiatan workshop aplikasi SIPD yang dilaksanakan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Parimo di auditorium Kantor Bupati setempat, Selasa, 7 Februari 2023.

Ia juga mengatakan, aplikasi SIPD telah dimulai sejak 2021, dimana Kabupaten Parimo mulai beradaptasi dan melakukan pengenalan terhadap aplikasi ini.

“Mulai dari proses perencanaan sampai dengan penatausahaan semuanya melalui SIPD. Bahkan pencatatan aset, Rencana Umum Pengadaan (RUP) juga masuk dalam sistem aplikasi SIPD ini,” katanya.

Berkaitan dengan itu, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Pasal 274 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda) dalam Perencanaan Pembangunan Daerah didasarkan pada data dan informasi yang dikelola dalam SIPD.

Selain itu, aplikasi SIPD ini merupakan suatu bahan evaluasi, serta menjadi bahan penentu perumusan kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah.

“Sesuai dengan tujuannya, kegiatan ini untuk meningkatkan mutu serta kinerja operator SIPD dalam rangka mensinkronisasikan seluruh data keuangan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” tandasnya.