Gubernur Rusdy Mastura Dilantik sebagai Ketua Mabida

oleh -20 Dilihat
Gubernur Rusdy Mastura Dilantik sebagai Ketua Mabida
Pelantikan pengurus Mabida yang diketuai Gubernur Rusdy Mastura oleh Sekjen Kwarnas Bachtiar Utomo di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, Rabu, 25 Januari 2023. (Foto: Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Sulteng)

Sumber : Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Sulteng

PALU, Redaksi RakyatGubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H. Rusdy Mastura menjabat Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka masa bakti 2022-2027, usai dilantik secara langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kwartir Nasional (Kwarnas) Dr. Bachtiar Utomo di Gedung Pogombo Kantor Gubernur, Rabu, 25 Januari 2023.

Pelantikan Gubernur Rusdy Mastura sebagai Ketua Mabida Gerakan Pramuka merupakan rangkaian dalam pelantikan pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Sulteng yang diketuai Hj. Dr. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si., masa bakti 2022-2027.

Menurut Ketua Kwarnas Budi Waseso, Tri Satya sebagai salah satu kode kehormatan seorang Pramuka dan Ikrar janji harus dapat diimplementasikan serta diwujudkan secara nyata.

Baik di lingkungan Gerakan Pramuka maupun dalam keseharian sebagai warga negara Republik Indonesia.

Sehingga, ia berharap, dibawah kepemimpinan Rusdi Mastura sebagai Ketua Mabida, Gerakan Pramuka Sulteng dapat menjalankan tugas maupun roda-roda organisasi sebaik mungkin.

“Banyak kegiatan bakti dan pengabdian masyarakat yang dapat dilakukan. Baik di tingkat daerah, cabang, ranting, hingga ke Gugus Depan (Gudep),” ujar Budi, dalam sambutannya secara virtual.

Menurutnya, kegiatan Gerakan Pramuka bukan hanya bermanfaat bagi masyarakat luas.

Tetapi juga sebagai sarana pendidikan non formal bagi seorang Pramuka dalam menumbuhkan semangat simpati maupun empati kepada orang lain, untuk memberikan pertolongan bagi mereka yang membutuhkan bantuan.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan, Sulteng merupakan salah satu daerah rawan bencana alam.

Sehingga, diharapkan para anggota Pramuka di Sulteng harus siap untuk bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat dalam aksi tanggap bencana.

“Geraka Pramuka Sulteng harus siap untuk terlibat dalam aksi tanggap bencana,” tandasnya.