SMK Negeri 1 Parigi Bakal Gelar Gebyar SMK

oleh -634 Dilihat
SMK Negeri 1 Parigi Bakal Gelar Gebyar SMK
Rapat panitia pelaksana gebyar SMK gabungan dari alumni SMK Negeri 1 Parigi dan para guru yang membahas terkait persiapan kegiatan yang bakal dilaksanakan awal Desember 2022. Rapat persiapan ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Parigi, Rabu, 24 Agustus 2022. (Foto: RedaksiRakyat.id/WAHAB USMAN)

Penulis : Wahab Usman

PARIMO, Redaksi Rakyat Gebyar SMK yang memamerkan produk dan jasa hasil karya unggulan siswa dan siswi bakal digelar di SMK Negeri 1 Parigi di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, pada awal Desember 2022.

Menurut ketua panitia gebyar SMK, Reni Oktaviani, kegiatan tersebut merupakan perdana dilaksanakan SMK Negeri 1 Parigi. Hanya saja, pihaknya belum menetapkan tanggal pelaksanaannya di awal Desember nanti.

Dia menyebutkan, ada tiga target dari sekolah kejuruan, yakni bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan.
Berkaitan dengan itu, kegiatan gebyar SMK ini dimaksudkan untuk menggali dan mengasah kemampuan siswa dan siswi sesuai dengan kompetensi masing-masing.
Dengan begitu, para siswa dan siswi mendapat ruang untuk berkreasi.

“Hal ini merupakan imbas dari kurikulum merdeka,” ujar Reni, Rabu, 24 Agustus 2022.

Dikatakannya, SMK Negeri 1 Parigi memiliki enam jurusan, yaitu teknik jaringan komputer dan telekomunikasi, agroteknologi pengolahan hasil pertanian, desain permodelan dan informasi bangunan, akuntansi dan keuangan lembaga, teknik bisnis sepeda motor serta nautika kapal penangkap ikan.
Dari masing-masing jurusan akan memamerkan hasil produk unggulan kepada masyarakat serta memiliki manfaat dan nilai jual.

Melalui gebyar SMK tersebut bisa memikat para wirausahawan yang ada di Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Parimo.
Selain itu, dapat pula membuka peluang usaha serta lapangan kerja bagi siswa maupun siswi lulusan SMK.

Kegiatan ini di rangkaian pula dengan reuni akbar SMK Negeri I Parigi yang melibatkan seluruh alumni di sekolah tersebut.

“Gebyar SMK ini, akan ada pentas seni yang ditampilkan siswa dan siswi maupun alumni sebagai wadah penyaluran minat bakat,” pungkasnya.