Kegiatan FTT di Parimo Dilaksanakan Oktober-November

oleh -839 Dilihat
Kegiatan FTT di Parimo Dilaksanakan Oktober-November
Kepala Bidang Pariwisata di Disporapar Kabupaten Parimo, Muhammad Rusmin. (Foto: dok Diskominfo Parimo)

Sumber : Diskominfo Parimo

Redaksi Rakyat Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, telah menjadwalkan pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan Festival Teluk Tomini (FTT) pada Oktober-November 2022.

Kegiatan FTT yang dilaksanakan Pemda Parimo sejak 2013 ini berdasarkan kalender of event yang harus terlaksana setiap tahunnya.

Kepala Bidang Pariwisata di Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Parimo, Muhammad Rusmin, S.Sos., M.A.P menyebutkan, ada enam rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan di FTT tahun ini, yakni paralayang berskala internasional, Equator Run 10 KM, lomba Tomini fashion karnaval, festival musik dua warna, lomba kuliner, dan pemilihan putra-putri bahari Teluk Tomini.

Sedangkan rundown acaranya masih dalam penyusunan yang rencananya akan diawali dengan kegiatan Equator Run 10 KM. Khusus kegiatan penutupnya, yaitu paralayang berskala internasional.

Hanya saja, Disporapar Parimo akan meminta petunjuk terlebih dahulu kepada Bupati Samsurizal Tombolotutu selaku pimpinan untuk menyetujui tanggal yang sudah ditentukan.

Namun, Rusmin belum dapat menyebutkan tanggal pelaksanaan kegiatan FTT yang akan dilaksanakan pada Oktober-November 2022.

Dia menjelaskan, kegiatan FTT ini bertujuan untuk memperkenalkan Teluk Tomini sebagai salah satu daerah di Sulawesi Tengah yang kaya akan destinasi wisata dan keanekaragaman budaya kepada masyarakat luas.

Selain itu, bertujuan pula untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Memang setiap tahunnya kegiatan FTT dilaksanakan sesuai rekomendasi kami atau usulan kami ke tingkat provinsi maupun pusat,” ujar Rusmin, Jum’at, 8 Juli 2022.

Disporapar Parimo dalam selaku instansi teknis yang bertugas mempersiapkan segala kebutuhan untuk pelaksanaan FTT.

“Persiapan yang kami lakukan sesuai arahan dari rapat yang dilaksanakan sebelumnya bersama pak Bupati dengan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” pungkasnya.