Gedung Baru Puskesmas Ampibabo Diresmikan

oleh -2770 Dilihat
Gedung Baru Puskesmas Ampibabo Diresmikan
Wabup Parimo H. Badrun Nggai, saat akan meresmikan gedung instalasi farmasi Dinkes dan Puskesmas Ampibabo, Jum'at, 27 Mei 2022. (Foto: dok Dinkes Parimo)

Penulis : Abd. Farid | Editor : Roy Lasakka Mardani

Redaksi Rakyat Gedung baru Puskesmas Ampibabo yang dibangun menggunakan anggaran dari bantuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler diresmikan secara langsung Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), H. Badrun Nggai, SE., Jum’at, 27 Mei 2022.

Menurut Wabup Badrun, hal ini harus diapresiasi dengan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik lagi.
Dia juga memuji kondisi gedung Puskesmas Ampibabo.

Namun, dia berharap agar penanggulangan masalah stunting, malaria, dan 12 indikator SPM kesehatan lainnya dapat lebih baik lagi. Termasuk capaian vaksinasi COVID-19.

Hal itu dinilainya tidak dapat tercapai jika tidak mendapat bantuan atau keterlibatan Pemerintah Kecamatan setempat maupun Pemerintah Desa (Pemdes).

Dalam kesempatan itu, dia juga mengingatkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parimo Ellen Ludya Nelwan, S.Sos., M.Kes., agar terus menggenjot capaian vaksinasi COVID-19.
Upaya mengejar target itu harus dilakukan dengan lebih semangat lagi.

“Baik vaksinasi dewasa maupun anak-anak. Kami juga belum menerima laporan terkait capaian vaksinasi orang dewasa maupun anak-anak,” katanya.

Kepala Dinkes Parimo, Ellen Ludya Nelwan, mengatakan pembangunan gedung baru Puskesmas Ampibabo merupakan satu dari dua kecamatan yang mendapatkan bantuan dari Kemenkes RI.
Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 43 tahun 2019.
Dimana, Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat maupun perseorangan dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif.

“Itu wajib tersedia di setiap kecamatan,” pungkasnya.

Gedung baru Puskesmas Ampibabo ini, juga dilengkapi dengan sarana prasarana, diantaranya penyediaan air bersih.
Selain itu, juga dilengkapi dengan alat kesehatan yang dibutuhkan seperti Keperawatan KIT, UKGS KIT, UKS KIT, Bidan KIT, Posyandu KIT, dan Lansia KIT.

“Ada pula peralatan khusus umum,” pungkasnya.