Basarnas Palu Fokuskan Siaga SAR di Pelabuhan dan Jalur Utama

oleh
Basarnas Palu Fokuskan Siaga SAR di Pelabuhan dan Jalur Utama
Personel Basarnas saat melakukan pemantauan arus mudik lebaran di salah satu pelabuhan, Rabu, 27 April 2022. (Foto: doc Humas Basarnas Palu)

Penulis : Abd. Farid | Editor : Roy Lasakka

Redaksi Rakyat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Palu memfokuskan operasi siaga SAR dalam rangka mengantisipasi kondisi arus mudik lebaran di pelabuhan dan jalur utama trans sulawesi, Rabu, 27 April 2022.

H-5 Mudik Angkutan Lebaran Basarnas Sulteng fokus di pelabuhan bandara dan jalan Trans Sulawesi dalam Melaksanakan Pemantauan.

Dalam Pelaksanaan siaga SAR khusus lebaran 2022/1443 H-5 ini Basarnas melakukan patroli darat di beberapa tempat sesuai perkiraan akan sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana pemerintah telah memperbolehkan kembali mudik lebaran 2022.

Dengan demikian diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga, sehingga perlu diantisipasi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Andrias Hendrik Johannes, dalam keterangan persnya mengatakan hingga H-6 tercatat sebanyak 145 penumpang yang masuk Kota Palu.

Begitu pula dengan kondisi arus mudik di Pelabuhan Luwuk, kata dia, tercatat banyak penumpang yang mengambil rute menuju pelabuhan Gorontalo dan akan melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan lainnya.

Berdasarkan data, tercatat sebanyak 335 yang masuk ke Pelabuhan Luwuk.

Sedangkan yang melanjutkan perjalanan sebanyak 605 orang.

“Khusus di Bandara Sis Aljufri Palu tercatat sebanyak 410 orang penumpang yang mendarat. Kami memperkirakan H-5, penumpang akan semakin bertambah,” tandasnya.