Antisipasi Darurat Arus Mudik Lebaran, Basarnas Palu Laksanakan Siaga SAR

oleh -177 Dilihat
Antisipasi Darurat Arus Mudik Lebaran, Basarnas Palu Laksanakan Siaga SAR
Apel personel yang dilaksanakan Kantor Basarnas Palu terkait pelaksanaan siaga SAR dalam rangka mengantisipasi kondisi arus mudik lebaran, Senin, 25 April 2022. (Foto: doc Kantor Basarnas Palu)

Penulis : Abd. Farid | Editor : Roy Lasakka

Redaksi Rakyat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Palu, Sulawesi Tengah, melaksanakan siaga SAR dalam rangka antisipasi kondisi darurat arus mudik lebaran.

Kegiatan itu, ditandai dengan apel personel yang dilaksanakan di halaman Kantor Basarnas Palu, Senin, 25 April 2022.

Kegiatan tersebut bertujuan mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional yang bersinergi dengan Kementerian Perhubungan maupun instansi terkait lainnya.

Menurut Kepala Kantor Basarnas Palu, Andrias Hendrik Johannes, pelaksanaan siaga SAR khusus lebaran tahun ini akan sangat berbeda dengan sebelumnya. Dimana pemerintah telah memperbolehkan kembali mudik lebaran.

Dengan demikian, diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas masyarakat yang perlu dilakukan langkah diantisipasi.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan siaga SAR untuk arus mudik lebaran ini, Basarnas akan menempatkan peralatan SAR di lokasi-lokasi strategis dan rawan kecelakaan seperti di pelabuhan penyeberangan, bandar udara, terminal bus serta kawasan wisata.

Khusus Basarnas Palu, kata dia, mensiagakan sebanyak 86 personel yang terdiri dari Kantor Basarnas Palu, Pos SAR Parigi, Luwuk, Unit Siaga SAR Tolitoli, dan Morowali.

“Siaga SAR ini akan berlangsung selama 21 hari, terhitung sejak 22 April hingga 12 Mei 2022,” jelasnya.