Wabup Badrun Apresiasi Rakorsarda Basarnas Palu

oleh -1348 Dilihat
Wabup Badrun Apresiasi Rakorsarda Basarnas Palu
Wabup Parimo H. Badrun Nggai saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Rakorsarda yang dilaksanakan Kantor Basarnas Palu di Parigi, Senin, 28 Maret 2022. (Foto: Wahab Usman)

Penulis : Aid Lumpati | Editor : Roy Lasakka

Redaksi Rakyat Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) H. Badrun Nggai, SE., memberikan apresiasi terhadap kegiatan rapat koordinasi SAR daerah (Rakorsarda) yang dilaksanakan di Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Palu di salah satu hotel di Parigi, Senin, 28 Maret 2022.

Menurut Wabup Badrun, kegiatan Rakorsarda yang dilaksanakan Kantor Basarnas Palu sebagai upaya dalam membangun sinergitas bersama para pihak, termasuk Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parimo terkait penanganan bencana maupun pencarian korban hilang.

Apalagi, kegiatan tersebut memiliki out put, yaitu membentuk tim SAR gabungan yang khusus melaksanakan tugas ketika terjadi bencana alam maupun pencarian orang hilang, baik di darat maupun di laut.

“Mewakili Pemda Kabupaten Parimo, kami sangat berterima kasih karena Kantor Basarnas Palu bisa memberikan bantuannya dalam penanganan bencana,” ujar Wabup Badrun, dalam sambutannya.

Olehnya, ia mengimbau agar seluruh masyarakat dapat membantu tugas-tugas tim SAR gabungan yang nantinya akan dibentuk.

Sama halnya dengan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, kata dia, untuk menghindari terjadinya kecelakaan di laut agar terlebih dahulu memperhatikan barang bawaan. Mulai dari peralatan, perbekalan hingga kondisi cuaca.

Selain itu, menurut Wabup Badrun, sinergitas yang telah dibangun harus tetap dijaga diantara seluruh pihak yang terlibat.

Dengan begitu, penanganan dalam kebencanaan dapat dilakukan dengan baik.

“Apalagi jika dilakukan dengan terstruktur serta terorganisir,” katanya.