Dubes Arab Saudi Bakal Melihat Langsung Potensi di Sulteng

oleh -1838 Dilihat
Dubes Arab Saudi untuk RI, Esam A Abid Althagafi (Tengah) menerima kunjungan perwakilan Pemprov Sulteng, yang diwakili Asisten Gubernur Rudi Dewanto (Tiga kiri) di Kantor Kedubes Arab Saudi, Jakarta, Selasa (15/3/2022). (Foto : doc PT. Pembangunan Sulteng)

Laporan : Aid Lumpati / Editor : Roy Lasakka

Redaksi RakyatDuta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk RI, Esam A. Abid Althagafi, bakal melihat secara langsung potensi alam di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Dubes Arab Saudi rencananya akan berkunjung setelah kami mengirimkan undangan,” kata Direktur Perencanaan dan Pembangunan Bisnis PT Pembangunan Sulteng, Sony Panukma Widianto, usai bertemua Dubes Arab Saudi di Jakarta, Selasa, 15 Maret 2022.

Ia menjeleskan, pihaknya telah berkomunikasi dengan wakil Dubes Arab Saudi untuk mengirimkan surat dengan maksud mengundang dalam pekan ini.
Saat berada di Kota Palu, kata dia, Dubes Arab Saudi akan mendapatkan penjelasan secara rinci dan melihat potensi daerah yang dapat dikerjasamakan.

Saat berkunjung ke Kota Palu, Dubes Arab Saudi akan didampingi wakil Dubes dan Atase Bidang Perekonomian.
Menurutnya, potensi di bidang pertanian menjadi kebutuhan Arab Saudi saat ini. Apalagi, negara tersebut sedang melakukan pengembangan untuk menghijaukan gurun.

“Sulteng bisa menyiapkan produk untuk bidang pertanian dan perikanan,” katanya.

Dia mengaku optimisi, Sulteng melalui perusahaan daerahnya mampu menyiapkan segala kebutuhan dari para calon investor asal negara Arab, khusunya Arab Saudi.

“PT Pembangunan Sulteng sebagai induk perusahaan daerah telah memiliki tiga anak perusahaan, yaitu PT Agri Maritim Sulteng, PT Tambang Batu Sulteng dan PT Nikel Sulteng,” jelasnya.

Duta Besar Arab Saudi untuk RI, Esam A. Abid Althagafi, mengatakan pihaknya berkeinginan untuk melihat langsung potensi daerah di Sulteng, sesuai apa yang telah dipaparkan.

“Saya punya keyakinan untuk melihat potensi di Sulteng,” ujarnya.