Kepala Diskominfo Parimo Hadiri Rakor KIPS se-Sulteng di Touna

oleh -523 Dilihat
Rakor KIPS se-Sulteng yang dilaksanakan di Kabupaten Touna, Selasa, 8 Maret 2022. (Foto: doc Diskominfo Parimo)

Sumber : Diskominfo Parimo

Redaksi RakyatKepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Jony Tagunu, SE, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (KIPS) se-Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dilaksanakan di Kabupaten Tojo Unauna (Touna), Selasa, 8 Maret 2022.

“Maksud dan tujuan Rakor ini untuk menyamakan persepsi dan pemahaman dalam mendorong percepatan Transpormasi digital untuk pelayanan publik di Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju,” ujar Plt Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Sulteng, Tamrin Ahmad, SE., M.Si, dalam laporannya.

Dia mengatakan, sasaran kegiatan Rakor ini untuk meningkatkan pelayanan bidang komunikasi dan informatika, persandian dan statistik melalui gerak cepat transpormasi digital di Sulteng.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Touna, Drs. H. Moh. Syarif Lasawedi, M.A.P, mengatakan kegiatan Rakor ini dapat memberikan kontribusi, pemikiran yang signifikan bagi percepatan transpormasi digital.

Sehingga, dapat bergerak lebih cepat di Sulteng.

“Atas nama Pemda dan seluruh masyarakat Kabupaten Touna menyampaikan selamat datang di bumi Sipatuju. Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik yang sudah memilih Kabupaten Touna sebagai tempat kegiatan pelaksanaan Rakor,” ucap Syarif.

Dia mengatakan, melalui kesempatan ini, ia pun menjelaskan profil terkait berdirinya Kabupaten Touna.

Kabupaten Touna, kata dia, memiliki jumlah penduduk kurang lebih 150 ribu jiwa, terdiri dari pulau-pulau dan daratan yang indah.

Selain itu, Kabupaten Touna terdiri dari 12 Kecamatan, yaitu enam kecamatan di wilayah kepulauan dan enam lainnya wilayah daratan.

“Kalau teman-teman dari Dinas Kominfo kabupaten/kota mau melihat keindahan kepulauan Togean, silahkan jalan-jalan kesana. Tempat destinasi kami cukup indah, karena sudah terkenal sampai ke manca negara,” tandasnya.

Gubernur Sulteng diwakili staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia dan Pengembagan Kawasan, Hj. Farida Lamarauna, SE., M.Si, yang membuka secara langsung kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pelaksana atas terselenggaranya Rakor Kominfo.

“Kegiatan ini saya anggap memiliki peran strategis dalam rangka menciptakan sinergitas program kegiatan yang terarah dan terukur guna memperkuat peran maupun fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika di Sulteng,” katanya.

Menurutnya, tantangan pembangunan di bidang komunikasi, informatika, persandian dan statistik saat ini semakin nyata dan kompleks.

Salah satu perubahan teknologi informasi saat ini, kata dia, adalah transpormasi digital yang hanya melalui sentuhan pada layar Smartphone dapat menyesuaikan berbagai pekerjaan.

Sehingga yang tadinya rumit menjadi lebih mudah.

“Digital transformasi merupakam penggunaan teknologi yang dilakukan untuk mengubah projek. Analog atau operasional menjadi digital yang lebih efektif dan efisien, serta perlu disikapi dengan strategi yang bijak,” tandasnya.

Kepala Diskominfo Parimo didampingi Muslimat, SE., MM, selaku sekretaris.