Pemda Penajam Paser Utara Ingin Kembangkan Durian Montong

oleh -559 Dilihat
Plt Bupati Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Ir. H. Hamdan. (Foto: doc Diskominfo Parimo)

Sumber : Diskominfo Parimo

Redaksi Rakyat – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, akan berkunjung ke Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, guna mengembangkan komoditi durian montong.

“Kami akan melakukan kunjungan balasan ke Kabupaten Parimo. Insya Allah di perayaan HUT Kabupaten Parimo di April. Saya juga sudah berkomunikasi dengan pak Bupati Parimo lewat telephone. Mudah-mudahan tidak ada halangan kami pasti berkunjung kesana,” ujar Plt Bupati Penajam Paser Utara, Ir. H. Hamdan, dihadapan Sekretaris Daerah (Sekda) Zulfinasran, SSTP., M.A.P, saat menerima kunjungan Pemda Parimo.

Dia mengatakan, semua komoditi yang ditawarkan oleh Pemda Parimo sangat menarik, khususnya durian montong.

“Yang ditawarkan Pemda Parimo semuanya menarik. Nanti kita rumuskan, mana yang lebih efektif dikerjasamakan. Insya Allah segera kita follow up yang lebih sesuai dengan kondisi kita,” katanya.

“Salah satu komoditi unggulan Kabupaten Parimo, yaitu durian montong. Insya Allah akan kami tindak lanjuti,” kata Hamdan, menambahkan.

Menurutnya, pengembangan komoditi durian montong sangat dibutuhkan.
Apalagi durian montong dari Kabupaten Parimo sudah terkenal kelezatannya.

Selain itu, di Kabupaten Penajam Paser Utara masih memiliki lahan yang cukup luas.
Tidak hanya itu, tanah gambut di Kabupaten Penajam Paser Utara yang belum dikelola masih banyak.
Bahkan, dia juga mengaku hampir 90 persen durian di Kabupaten Penajam Paser Utara datar dan rasanya hampar.

Hal itulah, kata dia, yanh menjadi salah satu alasan Pemda Penajam Paser Utara akan melakukan kunjungan balasan ke Parimo.
Apalagi, sudah ada komunikasi awal yang bisa dikemas dari beberapa produk, yang nilai ekonomisnya tinggi dan bisa dikembangkan di Kabupaten Penajam Paser Utara, termasuk durian montong.

“Kita punya durian lokal. Tetapi jenis khusus lain, yaitu durian Kalimantan. Itu banyak disini dan rasanya hampar. Beda dengan durian montong di Kabupaten Parimo,” tandasnya.