Puluha Siswa-siswi PAUD Ini Datangi Kantor Basarnas Palu

oleh -648 Dilihat
Salah seorang anggota Basarnas Palu tengah memperkenalkan peralatan yang digunakan ketika melakukan SAR kepada siswa-siswi PAUD Mutiara Hati, Kamis, 24 Februari 2022. (Foto: doc Basarnas Palu)

Sumber : BASARNAS Palu

Redaksi RakyatSebanyak 50 orang anak yang merupakan siswa-siswi PAUD Mutiara Hati Palu, Sulawesi Tengah, mendatangi Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Kamis, 24 Februari 2022.

“Maksud kedatangan kami bersama siswa-siswi PAUD Mutiara Hati Palu ini untuk melakukan kunjungan, belajar tentang kendaraan, sesuai dengan tema pembelajaran di sekolah,” beber Kepala PAUD Mutiara Hati Palu, Mursalyna, S.Pd., M.Pd.

Selain belajar tentang kendaraan, kata dia, siswa-siswi ini, juga dikenalkan tentang Search And Rescue (SAR).

Apalagi, ketika dikenalkan tentang SAR, siswa-siswi ini sangat antusias.

Bahkan, ketika tiba di Kantor Basarnas Palu, mereka terlihat penasaran dengan kendaraan-kendaraan operasional yang memiliki warna khas orange.

Namun, sebelum memasuki halaman Kantor Basarnas Palu, mereka terlebih dahulu dipastikan menggunakan masker dan menerapkan protokol COVID 19.

“Setelah menerapakan protokol kesehatan, mereka semua dipersilahkan masuk dan berkeliling melihat kendaraan-kendaraan didampingi pihak Basarnas Palu yang bertugas untuk memandu siswa-siswi ini,” katanya.

Kepala Sub Seksi Sumberdaya BASARNAS Palu, Haris Supardi, S.Sos,. M.M, mengaku sangat menyambut baik kedatangan siswa-siswi PAUD Mutiara Hati.

“Saya mewakili pimpinan BASARNAS Palu mengucapkan terima kasih kepada pihak PAUD Mutiara Palu, karena telah berkunjung ke Basarnas,” ungkapnya.

Haris mengatakan, pintu Kantor BASARNAS Palu selalu terbuka lebar untuk masyarakat atau satuan pendidikan yang ingin berkunjung. Hal ini, juga merupakan salah satu bentuk sosialisasi dan memperkenalkan ilmu SAR maupun BASARNAS ke masyarakat serta peserta didik.

Menurutnya, dengan begitu BASARNAS akan lebih familiar lagi di masyarakat, khususnya dikalangan pelajar.

Sebab, BASARNAS sendiri mempunyai kewajiban untuk mensosialisasikan SAR kepada masyarakat, baik dewasa maupun anak-anak.

Sedangkan materi yang dikenalkan kepada siswa-siswi PAUD, yaitu tentang pengenalan peralatan dan kendaraan operasional BASARNAS seperti perahu karet, pelampung, truck, dan mobil ATV atau kendaraan amfibi.

Tidak hanya itu, pihak BASARNAS juga membagikan sejumlah buku SAR kepada siswa-siswi PAUD Mutiara Hati Palu.

“Selain melihat kendaraan operasional, mereka juga diajak keliling-keliling dengan menggunakan truck dan mobil ATV,” tandasnya.