PFI Medan Gelar Pameran Foto di Tebing Batu Rock Island

oleh -729 Dilihat
Pameran foto yang dilaksanakan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan dalam rangka hari ulang tahunnya dan hari pers nasional dengan tema "harmony with nature" memanfaatkan tebing batu alam Rock Island Bukit Lawang Langkat sejak 19-20 Februari 2022. (Foto : doc PFI Medan)

Redaksi Rakyat – Pameran foto yang dilaksanakan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan dalam rangka hari ulang tahunnya dan hari pers nasional dengan tema “harmony with nature” memanfaatkan tebing batu alam Rock Island Bukit Lawang Langkat sejak 19-20 Februari 2022.

“Acara ini mendapat antusiasme dari warga dan pengunjung wisata Rock Island, Bukit Lawang, Langkat,” ujar Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi, dalam siaran persnya, Ahad, 20 Februari.

Dia mengatakan, pagelaran Pameran Foto di Tebing Batu Alam tersebut pertama kali dilakukan di Indonesia, bahkan dunia. Dengan menampilkan beberapa karya foto jurnalistik anggota PFI Medan.

Kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan pariwisata di Bukit Lawang, Langkat yang sudah mulai menurun akibat terdampak pandemi COVID-19.

Pameran ini, kata dia, sekaligus bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang fotografi jurnalistik dan kinerja para pewarta foto Indonesia.

“Pameran foto di tebing batu ini bisa menjadi contoh bagi yang lainnya, bahwa lokasi pameran itu bisa dimana saja di jaman teknologi digital,” ujar Rahmad.

Lebih lanjut Rahmad menuturkan, kegiatan ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan selaras dengan alam, terutama dalam meningkatkan potensi wisata di daerah.

“Kita ingin mempromosikan lokasi tebing batu Rock Island, Bukit Lawang ini menjadi destinasi wisata baru di Sumatera Utara,” katanya.

Pengelola tebing alam Rock Island Bukit Lawang, Alex Alzuhri, mengaku sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PFI Medan.

Pameran foto ini menurutnya, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

“Hal ini baru pertama kali digelar di Rock Island. Kami mengucapkan terimakasih atas peran PFI Medan. Kegiatan ini sangat membantu kami dalam mempromosikan pariwisata di Bukit Lawang. Tentunya dengan kolaborasi pengelola pariwisata dan juga pewarta foto memberikan dampak dan perubahan besar bagi kemajuan pariwisata,” ucap Alex.

Dia menambahkan, antusias pengunjung pun tak luput dari perhatian terhadap pemandangan yang masih alami dan terawat.

Terdapat beberapa pengunjung sangat menikmati kelestarian alam yang ditawarkan di Rock Island Bukit Lawang.

Salah satunya pengunjung dari Kota Medan, Aldi, yang mengaku sangat bersyukur bisa mengunjungi Rock Island yang masih asri.

Ia berharap agar pariwisata di Bukit Lawang semakin dikembangkan dan mendapat prioritas dari pemerintah serta menjadi salah satu destinasi wajib di Sumatera Utara.

“Saya juga berkesan dengan peran PFI Medan, salah satu organisasi profesi jurnalistik yang turut peduli terhadap perkembangan pariwisata di daerah. Semoga bisa menjadi trigger bagi organisasi lainnya untuk berkolaborasi dalam mengembangkan pariwisata,” tandasnya. ***