Tahun ini, Peningkatan Infrastruktur Kesehatan di Parimo Dibiayai DAK

oleh -1005 Dilihat
Kepala Dinas Kesehatan Parigi Moutong, Ellen Ludya Nelwan. (Foto : Novita)

Penulis : Wawa Toampo

Redaksi Rakyat – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan memberikan bantuan pembiayaan peningkatan infrastruktur kesehatan di wilayah Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).


“Proyek fisik yang dibiayai DAK 2022 itu, untuk pembangunan gedung baru satu PKM dan lima lainnya untuk rehab,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Parimo, Ellen Nelwan Ludya, saat ditemui di Parigi, Senin 24 Januari 2022.


Dia menyebut, untuk pembangunan gedung PKM baru ditetapkan di Kecamatan Parigi Tengah, dengan total anggaran Rp14,6 miliar lebih.


Sementara, alokasi anggaran rehab lima bangunan PKM masing-masing sebesar Rp1,4 miliar lebih. Seluruhnya, berada di Kecamatan Torue, Siniu, Palasa, Mepanga, dan Lambunu Satu.


DAK yang diberikan pemerintah pusat itu, berdasarkan pengusulan dari pemerintah setempat sejak tahun sebelumnya.


“Sebenarnya banyak PKM yang membutuhkan rehab bangunan dan sudah kita usulkan ditahun sebelumnya, hanya saja tahun ini di alokasikan untuk beberapa PKM saja,” kata dia.


Ke depan, pihaknya akan tetap secara berkelanjutan mengusulkan permohonan bantuan pihak PKM ke pemerintah pusat, agar pebaikan fasilitas di Parimo bisa teratasi.


Sebab kata dia, melihat kondisi keuangan daerah, tidak akan mampu membiayai berbagai kebutuhan PKM, apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini.


Ellen mengatakan, pembangunan gedung baru di Kecamatan Parigi Tengah dilakukan untuk pemerintah, untuk meningkatkan pelayanan dan memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan.


“Semoga dengan dibangunnya PKM Parigi Tengah dan rehab PKM lainnya, menambah semangat baru dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih prima kepada masyarakat,” imbuhnya.