DLH Parimo Bakal Lakukan Penambahan TPA

oleh -225 Dilihat
Ilustrasi. (Foto diambil dari AyoPurwakarta.com)

Penulis : Roy Lasakka

Redaksi Rakyat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, mewacanakan penambahan Tempat Pembuangan Sampah (TPA) di Kecamatan Ampibabo, Tinombo, Moutong, dan Torue, Balinggi serta Sausu (Tobasa).

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan pembebasan lahan untuk penambahan TPA,” ujar Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup (PPLH) di DLH Kabupaten Parimo, Muh. Idrus, S.Pi., M.A.P, di ruang kerjanya, Rabu, 22 Desember 2021.

Dia mengatakan, penambahan TPA di empat wilayah tersebut bertujuan untuk mengantisipasi panjang wilayah Kabupaten Parimo.

Apalagi, selama ini, Kabupaten Parimo baru memiliki satu TPA yang terletak di Desa Jononunu, Kecamatan Parigi Tengah.

Sedangkan persiapan yang dilakukan untuk penambahan TPA, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan Bidang Tata Ruang di Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parimo untuk melakukan pengecekan lokasi serta pembebasan lahan.

Selain itu, pihaknya juga akan melibatkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Parimo bersama Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

“Lokasinya sudah siap. Tinggal cek lokasi dan melakukan pembebasan lahan,” tandasnya.